Peluang dan Prospek Kerja Health Advisor

Bagaimana Prospek Kerja Health Advisor?

Kesehatan merupakan salah satu hal pokok yang dibutuhkan bagi semua orang, oleh karena itulah profesi health advisor/ konsultan kesehatan masih memiliki prospek yang cukup baik di masa yang akan datang.
            Salah satu indikator mengapa prospek kerja profesi health advisor begitu menjanjikan adalah data rekrutmen kerja yang dikeluarkan oleh Wanted Analytics yang direlease pada tahun 2014 dan dipublikasikan pada majalah bisnis Forbes. Dari data tersebut ditemukan bahwa profesi yang terkait dengan bidang kesehatan (salah satunya adalah health advisor) menempati urutan kelima dengan prosentase 8.20% dari total rekrutmen pekerjaan di seluruh dunia (lihat bagan di bawah).

Peluang kerja health advisor di dunia menempati urutan kelima besar


            Para analis dari Wanted Analytics memperkirakan tren profesi ini juga akan berlangsung selama 5 tahun ke depan.   Dengan kata lain profesi ini akan menjadi salah satu “profesi favorit” yang akan dicari oleh perusahaan.
            Di Indonesia sendiri kondisi ini ternyata tidak jauh berbeda, profesi health advisor dan profesi lain yang terkait kesehatan sangat dibutuhkan dan diproyeksikan semakin besar untuk menyesuaikan kebutuhan dan harapan pemerintah di bidang kesehatan untuk mencapai target masyarakat yang sadar terhadap kesehatan pada tahun mendatang, jika mengacu pada Arah Pembangunan Kesehatan tahun 2005 – 2014 (sumber: Kebijakan PPSDM Kesehatan) yang dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini:

prospek pekerjaan health advisor diperkirakan terus meningkat pada tahun mendatang

 Peluang Kerja Health Advisor

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan secara bersamaan  juga telah memperbesar peluang kerja seorang health advisor. Karena, saat ini profesi ini tidak hanya berkutat pada badan usaha maupun organisasi kesehatan semata (seperti rumah sakit dan apotik). Namun, seiring dengan "perluasan" peluang profesi tersebut saat ini profesi health advisor juga mengalami transformasi dan standarisasi kerja.
Umumnya pada perusahaan yang berorientasi kesehatan seperti labolatorium kesehatan atau perusahaan farmasi, tenaga health advisor juga difungsikan sebagai tenaga pemasaran tidak langsung. Hal ini mengingat, saran maupun masukan yang diberikan oleh konsultan kesehatan dapat mempengaruhi tingkat penjualan jasa layanan maupun produk dari perusahaan yang bersangkutan.
Pada perusahaan-perusahaan pada level yang cukup besar seperti perusahaan kilang minyak lepas pantai, perusahaan tambang, perkebunan dll terutama yang telah memiliki divisi atau departemen kesehatan internal, tenaga dari profesi health advisor juga sangat dibutuhkan.
Yang juga tidak dapat dikesampingkan adalah saat ini telah mulai bermunculan perusahaan/ lembaga spesialis konsultan kesehatan independen yang memberikan layanan baik terhadap perusahaan maupun klien pribadi yang membutuhkan jasa mereka.

Terkait dengan perusahaan, layanan konsultan kesehatan swasta biasanya menjadi fasilitator atau mediator antara pihak perusahaan dengan vendor penyedia layanan kesehatan yang dibutuhkan. Layanan ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang tidak memiliki departemen kesehatan tersendiri yang dapat memfasilitasi dan mendukung kesehatan para tenaga kerja mereka. Semoga membawa manfaat..       

Tidak ada komentar