Tanggung Jawab, Pekerjaan & Tugas Account Officer


Tanggung Jawab, Pekerjaan & Tugas Account Officer - Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel definisi/ pengertian account officer yang dapat anda baca disini.



Penjelasan terkait tanggung jawab, pekerjaan & tugas account officer


Terkait tanggung jawab, pekerjaan & tugas account officer sebenarnya secara implisit telah sedikit dikupas pada artikel sebelumnya. Namun dalam penulisan kali ini akan lebih dijabarkan secara spesifik apa saja pekerjaan, tugas dan tanggung jawab account officer.


Pekerjaan dan Tugas Account Officer
Bergantung pada ukuran organisasi, secara dasar seorang account officer memiliki tugas dasar untuk melakukan beberapa atau semua kegiatan seperti:
  • Melakukan pencatatan atau melakukan rekapitulasi data transaksi rekening klien/ perusahaan.
  • Mencatat dan memeriksa pembayaran tagihan klien baik yang berasal Bank maupun perusahaan pembiayaan/ leasing lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan dan penyimpanan catatan data transaksi keuangan klien.
  • Jika klien merupakan badan usaha/ perusahaan maka tugas seorang AO adalah menyimpan dan menghitung catatan biaya seperti tenaga kerja, biaya produksi, pemasaran, distribusi, dsb, dari perusahaan yang bersangkutan, serta.
  • Membandingkan biaya dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan/ klien.
  • Mencari dan mengembangkan pengembangan produk perusahaan terutama pada klien yang memiliki potensi baik secara langsung maupun melalui proses rekomendasi.

Pada lingkup perusahaan yang lebih besar, seorang petugas account officer dimungkinkan untuk mengkhususkan diri dalam bidang yang lebih spesifik, seperti:
  • Account Officer Transaksi Piutang (accounts receivable): AO transaksi piutang memiliki fungsi dan tugas utama untuk mengumpulkan, mencatat dan menghitung pembayaran yang masuk ke dalam perusahaan atau klien.
  • Account Officer Transaksi Hutang (accounts payable): AO transaksi hutang memiliki fungsi dan tugas utama untuk mengumpulkan, mencatat dan menghitung pembayaran yang keluar/ tagihan yang timbul terhadap perusahaan atau klien.
  • Account Officer Pengendalian Kredit (credit control): AO pengendalian kredit memiliki fungsi dan tugas utama untuk mengawasi dan memastikan bahwa uang yang terutang kepada pribadi atau perusahaan telah terbayar.


Tanggung Jawab Account Officer
            Seperti yang juga telah disinggung sedikit dalam artikel sebelumnya, seorang account officer dibebani dengan tanggung jawab yang tidak kecil. Selain memeriksa, melakukan pencatatan dan perhitungan. Tanggung jawab lain seorang account officer adalah melakukan verifikasi terhadap kebenaran data dan fakta yang telah dikumpulkan.
            Verifikasi data ini mutlak dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan, kesalahan pencatatan data, hingga meminimalisir resiko terjadinya kerugian terhadap klien maupun perusahaan dimana account officer tersebut bernaung. Hal ini mengingat, seorang account officer juga berperan sebagai wakil perusahaan. Setelah verifikasi data yang telah terkumpul dilakukan, tahapan selanjutnya adalah melakukan analisa di tahap ini tanggung jawab seorang account officer adalah menyajikan data yang sesuai antara data yang terkumpul, hasil verifikasi dengan ketentuan analisa yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Setelah tahapan tersebut selesai dilakukan, tanggung jawab seorang account officer menyajikan hasil pekerjaannya/ mempresentasikan baik dengan mekanisme formal maupun informal kepada pejabat yang berwenang yang telah ditunjuk oleh perusahaan.

BACA JUGA: Kisaran Gaji Account Officer Bank Terbaru

           Pada sebuah instansi bank misalnya; seorang account officer yang bertugas di bagian kredit, bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, pengumpulan data calon nasabah/ klien/ debitur yang akan mengajukan kredit, melakukan analisa keuangan (termasuk didalamnya; manajemen aset/ investasi yang dilakukan oleh yang calon nasabah), bekerja sama dengan pihak internal perusahaan (admin kredit) dan pihak eksternal (notaris, BPN, dsb) terkait proses pencairan kredit, bertanggung jawab terhadap pengawasan portofolio kredit nasabah, hingga proses penagihan apabila terjadi wanprestasi kredit.

           Semoga informasi yang sedikit tentang tanggung jawab, pekerjaan & tugas account officer ini bermanfaat!

Tidak ada komentar