Contoh Pidato Informatif Singkat & Cara Membuat Teks Pidato Terbaru

Bagi Anda yang saat ini dipercaya untuk membuat naskah/ script pidato untuk disampaikan pada kegiatan resmi/ formal, dalam artikel ini akan kami bagikan bagaimana cara untuk membuat naskah pidato tersebut berikut contoh pidato informatif singkat.

 

Cara membuat naskah/ teks pidato yang informatif

Dalam membuat naskah pidato, teks pidato dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu; bagian pembuka yang terdiri atas salam, ucapan syukur dan sapaan, bagian isi yang menjabarkan nama kegiatan, waktu, tempat dan tujuan kegiatan. Yang terakhir bagian penutup yang terdiri atas harapan, ucapan terima kasih dan salam penutup.

Pada bagian pembuka; Salam dapat disampaikan secara khusus maupun universal. Salam khusus yang yang merujuk pada audiens tertentu misalnya; Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Swastiastu Namo Buddhaya, dsb. Sedangkan salam yang universal seperti; salam sejahtera, selamat pagi, dsb dapat digunakan pada audiens umum. Tentu penggunaan salam tersebut akan lebih baik jika disesuaikan dengan audiens (peserta kegiatan) yang menghadiri kegiatan. Misalnya dalam acara kegiatan agama akan lebih tepat untuk menggunakan salam khusus tersebut. Sebaliknya salam yang lebih universal atau penggunaan salam keduanya dapat digunakan dalam kegiatan yang dihadiri oleh audiens yang memiliki keragaman latar belakang.

Tutorial dan Panduan Bagaimana Cara Membuat Teks Pidato Terbaru


Sebelum menyampaikan sapaan, disarankan untuk mencantumkan dan menyampaikan rasa syukur; Syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, atau Tuhan Yang Maha Esa, dst. Diikuti dengan kalimat “karena berkat limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul disini untuk menghadiri….dst”

Setelah menyampaikan rasa syukur, sapaan yang disampaikan dalam pidato dapat diawali dengan penyebutan “yang Terhormat” atau “ yang Kami Hormati”, atau “yang Kami Muliakan”. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penyebutan sapaan, disarankan untuk mendahulukan orang yang memiliki jabatan tertinggi yang menghadiri acara tersebut terlebih dahulu. Misalnya dimulai dari Pimpinan, wakil pimpinan, para manejer , dst jika dilingkungan kantor atau perusahaan. Jika dilingkungan sekolah sapaan dapat dimulai dari Bapak/ Ibu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dst. Selain itu, penulisan gelar dan jabatan yang bersangkutan serta ejaan juga penting untuk diperhatikan. Hal ini mengingat secara psikologis seseorang lebih menyukai jika ejaan nama dan jabatan disebutkan secara benar.

Ciri lain dari teks pidato informatif selain penyebutan nama kegiatan juga memberikan informasi; waktu pelaksanaan kegiatan, tempat diselenggarakan kegiatan, serta tujuan penyelenggaraan. Contoh potongan bagian ini dapat disimak sebagai berikut;
          “Lomba Parade Budaya Jawa Timur SMKN 1 Surabaya 2018 yang bertema “Keragaman Nusantara” ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2018 s/d tanggal 29 Januari 2018 yang bertempat di Hall SMKN 1 Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Dies Natalis Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya yang jatuh pada tanggal 20 Januari.”

Contoh Pidato Informatif Pendek

Sebagai rujukan kami berikan contoh teks pidato singkat namun informatif berikut ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.

Kami sampaikan selamat datang kepada:
Yang Terhormat Bapak Gubernur Jawa Timur Bapak Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum (atau yang mewakili).
Yang Terhormat Bapak Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H.
Yang Terhormat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.
Yang Terhormat Ketua BPD PHRI Jawa Timur.
Yang Terhormat Ketua ASITA JawaTimur.
Yang Terhormat Ketua BPPD JawaTimur.
Yang Terhormat Ketua Casa Grande Jawa Timur.
Yang Terhormat Pimpinan DEBINDO Mitra Tama.
Yang Terhormat GM. PT. Angkasa Pura 1 Juanda
Yang Terhormat Para Buyer dan Seller Peserta Travex Majapahit Travel Fair 2018

Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Kota Batu karena pada tahun ini mendapatkan amanah dan kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan Majapahit Travel Fair (MTF) 2018 yang mana Kota Batu dipercaya untuk menjadi tuan rumah dan penyelenggara Fam Trip Travex MTF 2018.

Sebagai daerah unggulan wisata Jawa Timur, Kota Batu telah dikenal sejak jaman kolonial sebagai daerah peristirahatan yang mempunyai panorama alam yang sangat indah dan berhawa sejuk dengan suhu berkisar 18 hingga 26° Celcius. Dengan modal geografi alam yang demikian, banyak yang menyebut Kota Batu sebagai “De Klein Switzerland of Java” atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bidang pariwisata berkembang pesat di Kota Batu. Berbagai daya tarik wisata alam, buatan, sejarah, reliji, budaya, dan kuliner menjadikan Kota Batu sebagai destinasi favorit untuk berwisata.

Kami mengajak para hadirin, khususnya para buyer Travex MTF 2018, untuk berkunjung dan berkeliling untuk mengenal lebih dekat potensi wisata, keunikan budaya berikut suasana Desa Wisata yang ada di Kota Batu. Dengan MTF 2018 kami berharap, Kota Batu akan semakin dikenal bukan hanya oleh wisatawan nusantara, tetapi juga semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara. Kami juga berharap, kegiatan pariwisata di Kota Batu akan semakin menggeliat dengan hadirnya paket wisata baru yang ditawarkan kepada wisatawan. Tidak kalah penting, dengan adanya Travex MTF 2018 dapat membuat jalinan kerjasama antara pelaku pariwisata Kota Batu dengan pelaku pariwisata di dalam dan luar negeri akan semakin meningkat.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Timur Bapak Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum, serta para pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Demikian, Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa berkenan untuk memberi petunjuk, taufik dan hidayahNya kepada kita semua. Aamiin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Demikian penjelasan singkat tentang cara membuat dan contoh pidato informatif singkat, semoga bermanfaat..Jangan lupa untuk share!

Tidak ada komentar